Cara menutup aurot bagi kaum wanita pada saat sholat adalah dengan
tertutupnya seluruh anggota tubuh selain wajah dan telapak tangan DARI SEGALA
ARAH SELAIN DARI BAWAH TELAPAK KAKI (bagi perempuan telapak kaki adalah bagian
dari aurot, oleh karena nya jika terlihat maka tidak sah sholatnya).
sehingga TERLIHATNYA DAGU, LEHER, PERGELANGAN TANGAN atau LENGAN saat
sholat memakai mukena potongan dapat MEMBATALKAN SHOLAT.
yang sudah terlanjur sholat menggunakan mukena motif potongan tidak
perlu mengqodho'i sholat-sholat yang telah berlalu (kalau sudah tau kemudian
tidak mengamalkannya maka wajib mengqodho'i nya), dan agar segera memakai
mukena yang tidak bermotif potongan, dan dagunya ditutup (bagian yang biasanya
lelaki tumbuh jenggot, sekiranya menutupnya hampir sampai ke daerah bawah
bibir), sebagian dahinya harus ditutup, ketika sujud telapak kaki harus
tertutup, bagian atas pergelangan tangannya (bukan daerah telapak tangannya)
harus ditutup.
بغية المسترشدين
(مسألة: ي): قولهم: يشترط الستر من أعلاه
وجوانبه لا من أسفله الضمير فيها عائد إما على الساتر أو المصلي، والمراد بأعلاه على
كلا المعنيين في حق الرجل السرة ومحاذيها، وبأسفله الركبتان ومحاذيهما، وبجوانبه ما
بين ذلك، وفي حق المرأة بأعلاه ما فوق رأسها ومنكبيها وسائر جوانب وجهها، وبأسفله ما
تحت قدميها، وبجوانبه ما بين ذلك، وحينئذ لو رؤي صدر المرأة من تحت الخمار لتجافيه
عن القميص عند نحو الركوع، أو اتسع الكمّ بحيث ترى منه العورة بطلت صلاتها، فمن توهم
أن ذلك من الأسفل فقد أخطأ، لأن المراد بالأسفل أسفل الثوب الذي عم العورة، أما ما
ستر جانبها الأعلى فأسفله من جانب العورة بلا شك كما قررناه اهـ. قلت: قال في حاشية
الكردي وفي الإمداد: ويتردد النظر في رؤية ذراع المرأة من كمها مع إرسال يدها، استقرب
في الإيعاب عدم الضرر، بخلاف ما لو ارتفعت اليد، ويوافقه في ما في فتاوى (م ر) وخالفه
في التحفة قال: لأن هذا رؤية من الجوانب وهي تضر مطلقاً اهـ. وفي الجمل وقولهم: ولا
يجب الستر من أسفل أي ولو لامرأة فلو رؤيت من ذيله في نحو قيام أو سجود لا لتقلص ثوبه
بل لجمع ذيله على عقبيه لم يضر، كما قاله ب ر و ع ش اهـ.
قرة العين بفتاوى اسماعيل الزين
واما عند غيرهم كالسادة الحنفية والسادة
المالكية فان ما تحت الذقن ونحوه لا يعد كشفه من المرأة مبطلا كما يعلم ذلك من عبارات
كتب مذهبهم وحينئذ لو وقع ذلك من العاميات اللاتي لم يعرفن كيفية التقليد بمذهب الشافعية
فان صلاتهن صحيحة لان العامي لا مذهب له
Post A Comment:
0 comments:
Posting Komentar