Alhamdulillahilladzi
kholaqol kaunaini watsaqolaini washalallahu ‘alaihi wasallam ‘ala
shohibinna’laini sayyidina Muhammadibni Abdillahi ibni Abdil mutholibni
Haasyim alladzi turjaa syafaa’atuhu ila yaumiddin wa alaa alihi wa
ashhaabi rasulillahi ajma’iinaa, amma ba’du.
Terjemahan
ini diambil dari Mitsaalunna’li assyariifi (Gambar sandal Rasulullah
SAW) yang telah disusun oleh Syekh Yusuf Ismail Annabhani. Berikut
isinya secara singkat,
“Sungguh
benar bahwa sandal Rasulullah SAW itu dari kulit yang di rangkap
menggunakan 2 “tancapan” seperti batang dari kulit yang dinamakan Qibal.
Yang satu dimasukkan kira – kira antara ibu jari dan jari yang
didekatnya, dan yang satunya lagi dimasukkan kira – kira antara jari
tengah dan jari yang ada didekatnya, 2 tancapan tadi dihubungkan dengan
wadah (sebuah bingkai berbentuk yang disesuaikan dengan ukuran kaki)
yang ada di atas telapak kaki. Tungkainya juga memakai wadah (sebuah
bingkai berbentuk yang disesuaikan dengan ukuran kaki) yang mencakup
hingga seluruh telapak kaki.
Adapun warna sandal Rasulullah SAW adalah berwarna kuning.
Gambar
tersebut sudah diuji kebenarannya oleh Ibnu ‘Araby , Ibnu ‘Asaakir, Ibnu
Marzuqi alfaaruqi, Assyuyuuthi, Assakhoowi, Attata’I, dan beberapa
Syekh yang semuanya telah menerangkan pengambilannya. Adapun sandal
tersebut berasal dari Sayyidatina ‘Aisyah lalu berpindah – pindah hingga
kemudian diambil gambarnya persis dan sama seperti ukuran aslinya.
Al ‘Alamah Syekh Al muqorri di kitab Fathul Muta’aal “fi mat hinni’al” memberikan keterangan:
“waqod
sallama lima dzakarohu rohimahullohu ta’aala Assyekhul imam Al hafidz
al ’alqomiyyi fi hasiyaatihi ‘alaa jamii’I shoghir fi ahaaditsil basyiir
annadzir idz qoola waroda annathuula na’lihi SAW syibrun wa usbu’aanii
wa ardluhaa mimma yalil ka’baini sab’uu asshhoobi’ wa bathnal qodami
khomsun wa fauqohaa sittun waro’suha muhaddadun wa ardloma bainal
qibalaini, ushbu’aani wa naqoltuhu ana ma’a jamii’il fawaaidi allati
haulahu min fathil muta’aali, qola al manawi wal qooriiy fi syarhil
syamaawiili. qolal Ibnu Arobi wanna’lu libaasul anbiyaai wa innama
ittakhodannasu ghoiroha lima fi ardlihim min atthiini wa khotamtuhu bi
qoulihi innii khodamtu mitsaala na’lil mushthofa li a ‘iisya fiddaaroin
tahta dhilaaliha sa’iidabnu Mas’uudin bi khidmati na’lihaa wa ana
assa’iidu bikhidmati limitsaalihaa
Post A Comment: